Perkenalan Dasar Nada Tiap Senar Gitar (Mudah Dipahami)

Bagi teman-teman yang sudah bisa bermain gitar dan tahu beberapa kunci/chord. Nah, anda juga perlu mengetahui dan pahami nada tiap senar gitar atau tangga nada pada fingerboard gitar. Salah satu alasannya tentu agar Anda tidak buta dalam bergitar yang hanya mengandalkan feeling semata, Anda juga harus tahu teori meski tidak sekolah musik.

Pada senar gitar terdapat nada-nada standart seperti senar 1 = E (Nada E Tinggi),  senar 2 = B, senar 3 = G, senar 4 = D, senar 5 = A  dan senar 6 = E (Hal ini juga banyak terdapat dibungkus senar gitar). Maka tidak heran, kadang kita melihat seseorang bermain gitar atau bass memetik open string tanpa menindis tali gitar tersebut.

klik gambar untuk memperbesar

Jika sudah paham, selanjutnya nada senar atau bunyi yang dihasilkan pada fingerboard guitar. Jika tali 6 dipetik lepas maka akan berbunyi nada E, selanjutnya maju satu fret maka yang dihasilkan adalah F, lalu nada fret selanjutnya F# atau Gb. Berikut tata nada yang dijelaskan lewat gambar dibawah ini.

klik gambar untuk memperbesar

Nada senar gitar juga berkaitan erat dengan solmisasi (do-re-mi-fa-so-la-si-do). Misalnya, C = do, maka D = re, E = mi, F = so, G = fa, A = so, B = la, dan C = do. Contoh lainnya:


DO=  C ---> C - D - E - F - G -A - B - C
DO = D ---> D - E - F#/Gb - G - A - B - C#/Db - D
DO = E ---> E - F#/Gb - G#/Ab - A - B - C#/Db - D#/Eb - E
DO = F ---> F - G - A - A#/Bb - C - D - E - F
DO = G ---> G - A - B - C - D - E - F#/Gb - G
DO = A ---> A - B - C#/Db - D - E - F#/Gb - G#/Ab - A
DO = B ---> B - C#/Db - D#/Eb - E - F#/Gb - G#/Ab - A#/Bb -B


0 Response to " Perkenalan Dasar Nada Tiap Senar Gitar (Mudah Dipahami) "

Posting Komentar

wdcfawqafwef